FKIP Unpatti Gelar Seminar Nasional Bimbingan Konseling

Ambon, cahayamaluku.com
Bertempat di Aula PGSD Universitas Pattimura Ambon Selasa (8/11) Program Studi Bimbingan Konseling  Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unpatti menggelar Seminar Nasional Bimbingan Konseling yang dihadiri oleh Ketua Umum Pengurus Besar Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia Prof Dr Mungin Eddy Wibowo M.Pd.,Kons. Dalam seminar yang bertemakan Aktualisasi bimbingan Konseling dalam Kurikulum 2013 Ketua Umum Asosiasi Bimbingan Konseling pusat berkenan melantik Badan Pengurus Daerah Provinsi Maluku yang diketuai oleh Drs. Nicodemus Hukubun, M.Pd, Sekretaris Paul Arjanto S.Pd. M.Pd dan Bendahara Dra A.M Lusikooy M.Pd. yang dilengkapi dengan 6 bidang, masing-masing: Bid. Penelitian, Bid. Pendidikan dan Latihan,  Bid. Humas, Bid. Pengabdian Masyarakat, Bidang Organisasi, dan Bid. Kerjasama Dalam sambutannya sesusai melantik pengurus Provinsi ketua Umum Pengurus besar Asosiasi Bimbingan Konseling Pusat, Wibowo antara lain mengatakan  saat ini jumlah guru BK di Indonesia khususnya untuk tingkat SMP, SMA dan SMK diluar SD sederajat dan Mts berjumlah 40 ribu orang sementara  jumlah yang dibutuhkan adalah 130 ribu orang dengan demikian masih kekurangan sebanyak 90 ribu orang guru BK. Selain masih kurang menurut Wibowo, jumlah yang adapun bervariasi dari latar belakang pendidikannya ada yang tidak berlatar belakang bidang konseling sehingga sangat berpengaruh terhadap kinerja dari para guru itu sendiri. Hal itu mengakibatkan ada guru BK yang sampai dipukul oleh siswa di depan para guru dan orang tua serta para siswa. Untuk itu dirinya berharap para guru konseling dengan latar belakang pendidikan yang dimiliki harus berhati-hati dalam menjalankan tugasnya sehingga tidak terjadi hal serupa mengingat profesi guru BK adalah Profesi yang bermartabat. Ia juga berharap agar Badan pengurus Provinsi Maluku yang telah dibentuk selanjutnya bisa membentuk pula pengurus-pengurus daerah di Kabupaten/Kota se Maluku.
Sementara itu Dekan Fakultas  Keguruan dan lmu Pendidikan (FKIP) Unpatti, Prof DR.Theresia  Lourens M.Pd dalam sambutannya berharap Prodi Konseling dapat memanfaatkan kehadiran Prof. DR. Wibowo yang merupakan ketua Umum untuk menimba ilmu dan pengetahuan selama kehadirannya di dalam seminar. Sedangkan dalam laporannya Ketua Panitia Seminar Thefania Rampisela. S.Psi, MEd   mengatakan tujuan seminar Nasional Program Studi bimbingan dan konseling adalah untuk memantapkan pemahaman peserta mengenai arah  kebijakan pengembangan profesi BK, serta untuk menyusun program Bimbingan dan Konseling dalam menghadapi Kurikulum 2013. Sedangkan manfaat dari seminar menurutnya untuk dapat mengembangkan dan menyusun program BK sesuai dengan kurikulum 2013 serta memantapkan pemahaman peserta mengenai arah kebijakan pengembangan profesi BK pada pendidikan dasar dan Menengah.
Selain  Prof Dr Mungin Eddy Wibowo M.Pd. Kons, Guru Besar Bimbingan konseling pada Universitas Negeri Semarang, ikut memberi materi, B.A.J Kainama S.Pd M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Pdt Dr Henky Hetharia M.Th, (Doktor dalam bidang Siwalima) dan Drs. N. Hukubun. M.Pd, serta Dra. E. Tomasila, Praktisi pendidikan.(CM-01)