Rektor Unpatti Mewisuda 1160 Sarjana Unpatti

Ambon, cahayamaluku.com

Bertempat di auditorium Universitas Pattimura Rabu (31/8) Rektor Unpatti, Prof Dr M.J Saptenno SH M.Hum berkenan mewisuda 1160 Sarjana lulusan Universitas Pattimura. Dalam sambutannya  Sapteno mengatakan kalau setiap tahun Unpatti mewisuda lebih dari 4000 lulusan Unpatti yang akan disebarkan ke semua Institusi yang ada di masyarakat, oleh sebab itu dirinya memberikan beberapa catatan penting yaitu, sarjana oleh masyarakat dianggap sebagai profesi terhormat dan kelompok-kelompok elit. Dengan predikat seperti itu dirinya mengharapkan para sarjana mampu memposisikan dirinya secara baik dalam kehidupan bermasyarakat, dengan mengembangkan ilmu profesi yang sudah didapatkan selama beberapa tahun di Unpatti.

Untuk itu dirinya pada saat ini mengharapkan dari 1160 lulusan agar ilmu yang sudah didapatkan agar dapat dimanfaatkan secara baik di dalam  kehidupan di masyarakat agar supaya kebutuhan ekonomi masyarakat bisa menjadi lebih baik pula. Saptenno juga berpesan kepada para lulusan untuk tidak bermimpi menjadi PNS saja tetapi bisa mengembangkan ilmu yang sudah didapatkan dengan baik agar supaya bisa bermanfaat dan berguna bagi masyarakat. Pada kesempatan itu Saptenno juga menjelaskan kalau pada pelaksanaan wisuda ini tanpa diduga ada 63 lulusan yang memperoleh predikat Cumlaude dan itu merupakan satu kebanggaan.

Di tempat yang sama Gubernur Maluku Ir Said Assagaff dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Staf Ahli bidang Kemasyarakatan Gubernur Maluku Halim Duantes mengatakan kalau pendidikan bukan hanya untuk menyelesaikan persoalan persoalan yang ada namun pendidikan adalah upaya memanusiakan manusia untuk pembangunan peradaban yang utuh. Oleh karena itu menurutnya pembangunan bidang pendidikan haruslah menjadi pembangunan nasional, karena pendidikan menjadi fondasi  dan kunci utama untuk ketersediaannya sumber daya manusia berkualitas.

Dalam konteks demikian maka peningkatan mutu pendidikan  dalam muatan ilmu pengetahuan dan teknologi  merupakan pra syarat utama untuk meraih kemakmuran dan kesejahteraan. Assagaff menambahkan kalau upaya memanusiakan manusia membangun peradaban yang unggul dan berkualitas perlu dilangsungkan oleh seluruh komponen bangsa termasuk  perguruan tinggi yang terus memainkan perannya dalam membentuk SDM dan Ilmu pengetahuan serta teknologi untuk meningkatkan daya saing. Sebagai salah satu lembaga penting di Maluku bidang Akademik, Universitas Pattimura tertantang untuk melakukan pembinaan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas serta mampu bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lainnya.

Untuk Unpatti Pemda memberikan apresiasi yang tinggi karena sudah tetap konsen menyelenggarakan   proses pendidikan tinggi berkualitas guna mewujudkan penguatan SDM di provinsi Maluku. Kepada para lulusan yang diwisuda Gubernur mengucapkan selamat dan sukses dan semoga kesuksesan yang telah diraih dapat menjadi kebanggaan dan dimanfaatkan sebaik-baiknya serta tidak cepat puas diri dengan apa yang sudah diraih tetapi harus terus belajar untuk mengasah kemampuan memasuki dunia kerja baru yang penuh dengan tantangan, karena pelaksanaan wisuda merupakan awal dari perjuangan.(CM)