Sekretaris Dikbud Promal Buka O2SN dan Debat Bahasa Jenjang SMA tingkat Provinsi Tahun 2016 Maluku

Ambon, cahayamaluku.com

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudaan Provinsi Maluku, Drs. Hadi Sulaiman kemarin sore, Senin, 18/7 berkenan membuka dengan resmi kegiatan O2SN dan Debat Bahasa tingkat  SMA provinsi Maluku mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku yang berhalangan.

Pelaksanaan kegiatan pembukaan dipusatkan di lantai VI Hotel Amboina. Kepada wartawan seusai membuka pelaksanaan kegiatan, Sulaiman mengatakan dirinya cukup kecewa dengan beberapa Kabupaten yang tidak sempat mengirim peserta kegiatan berlevel provinsi tersebut, mengingat pembinaan siswa di bidang pendidikan pada provinsi Maluku selalu dilakukan secara berjenjang. Ia menyesalkan kabupaten kabupaten yang seakan-akan tidak memiliki komitmen dalam mengikutsertakan peserta dari kabupatennya meskipun dipahaminya tentang kondisi-kondisi tertentu dari masing masing kabupaten yang tidak memungkinkan keikutsertaan siswanya. “Pembinaan Olahraga dan Seni serta Debat Bahasa menjadi satu out put dari produk pendidikan  yang dilaksanakan secara berjenjang serta berkelanjutan, artinya dia merupakan suatu program yang menyeluruh di semua kabupaten kota, baik provinsi maupun kabupaten kota. Hal ini akan memberikan image bahwa 11 Kabupaten kota di Maluku ini memiliki komitmen yang tinggi” Kata Sulaiman seraya menambahkan kalau ada kabupaten kota yang tidak mengikutsertakan pesertanya maka ini merupakan suatu yang memprihatinkan.

Karena menurutnya pihaknya dalam melaksanakan program kegiatan di bidang pendidikan  tidak hanya pada saspek yang berhubungan dengan knowladge atau kemampuan pengetahuan saja akan tetapi  juga pada kecakapan, keterampilan, Skill dan atitude, di mana olah raga menjadi salah satu wujud dari pada  proses belajar mengajar di bidang pendidikan olah raga dan jasmani yang ada di seluruh  di sekolah sekolah di semua kabupaten kota. Dan menurutnya hal ini harus mendapatkan evaluasi yang dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat satuan pendidikan di desa, kecamatan sampai di tingkat kabupaten , dimana selanjutnya peserta dari kabupaten kota itulah yang akan mewakili ke tingkat provinsi. “Kami mendapatkan laporan bahwa ketidak hadiran beberapa kabupaten itu terkait dengan kondisi-kondisi yang ada di kabupaten masing-masing yang mungkin disebabkan karena belum matangnya persiapan-persiapan yang dilakukan, sehingga kami memberikan apresiasi kepada kabupaten kota yang telah benar-benar sudah siap”, tegas Sulaiman.

Sementara itu dari laporan Ketua Panitia disebutkan Tujuan dari pelaksanaan kegiatan O2SN dan Debat Bahasa SMA tingkat Provinsi Maluku adalah Pertama untuk membina generasi muda agar menjadi manusia yang sehat rohani dan jasmani serta mampu berkompetisi secara sehat, fair dan sportif Kedua,  Meningkatkan prestasi atlit pelajar SMA sehingga bisda dijadikan  salah satu  indikator keberhasilan pembinaan  olahraga pelajar di sekolah.. Ketiga, meningkatkan aspek kebahasaan  dan kemampuan berbicara siswa baik aspek verbal maupun non verbal. Keempat,  Mengembangkan kemampuan siswa untuk berpikir kritis dan analitis sehingga terpacu untuk menyampaikan  pendapatnya secara logis dan sistematis. Penyelenggaraan O2SN  dan Lomba debat Bahasa tahun 2016 berlangsung dari  tanggal 18 s/d 21 Juli  di Ambon.(CN-01)