Kerjasama Pemda Kab. Kep Aru dan Pemda Buru Selatan Hasilkan 10 Calon Mahasiswa Baru FK Unpatti Ambon Tahun 2016

Ambon, cahayamaluku.com

Dekan Fakultas Kedokteran Unpatti Dr.dr. Jopy Manuputty , M.Kes kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis, (28/7). Menjelaskan kalau  Kuota Mahasiswa kedokteran bagi Fakultas Kedokteran Unpatti tahun akademik 2016 sebanyak 60 orang, Jumlah tersebut direkrut  lewat jalur SMPTN sebanyak 15 orang Mahasiswa baru, sedangkan untuk SBMPTN jumlahnya belum diketahui berapa banyak, termasuk jalur Mandiri yang saat ini telah dilakukan seleksinya dan tinggal menunggu hasilnya itu.

Dikatakan, selain tes tulisan nantinya para calon mahasiswa baru yang telah dinyatakan lulus akan mengikuti lagi tes wawancara dan apabila tidak bisa melewati tes wawancara dengan baik maka dengan sendirinya tidak akan lulus masuk FK Unpatti yang dipimpinnya. Sementara itu, khusus untuk Kabupaten Kota yang sudah mengadakan MOU dengan Fakultas kedokteran menurut Manuputty saat ini terdapat 2 kabupaten yang meminta Fakultas Kedokteran untuk melakukan tes di kabupatennya, masing masing kabupaten Kepulauan Aru dan Kabupaten Buru Selatan, dimana hasilnya telah tersaring 9 calon mahasiswa terbaik dari Kabupaten Kepulauan Aru dan 1 calon lain dari Kabupaten Buru Selatan.


“Dari  tes tersebut menghasilkan 9 orang Mahasiswa baru dari Kabupaten Kepulauan Aru dan 1 orang dari Kabupaten Buru Selatan.”, ujar Manuputty seraya menambahkan bagi calon mahasiswa dari kabupaten lain di luar dua kabupaten tersebut akan diberlakukan sama seperti calon-calon mahasiswa umum lainnya dan mengikuti seleksi Mandiri di Unpatti. Ia menambahkan kalau saat ini komitmen yang baik terdapat pada Kabupaten Kepulauan Aru, karena komitmen dari bupatinya untuk mendidik anak-anak daerah sangat tinggi sebab berangkat dari kenyataan  selama ini Aru masih selalu kekurangan tenaga Dokter, dimana tenaga dokter yang selama ini bekerja di kabupaten itu adalah dokter-dokter yang berasal dari luar Aru. Sementara terkait dengan wisuda sarjana Kedokteran yang sesuai rencana akan dilangsungkan pada 31 Agustus mendatang menurut Dekan FK unpatti itu, akan ada lulusan sarjana dari S arjana Keperawatan (S.KEP) maupun Dokter, terutama telah ada 12 orang yang baru saja lulus tahun ini yang akan  diwisudakan. (CM-01)