Hari Ini 4.406 Siswa Ikut Tes Mandiri Unpatti Uluputty: Untuk Pertama Kali Unpatti Terapkan Tes Tulisan dan Wawancara

Ambon, cahayamaluku,com

Pagi ini sebanyak  4.406 calon Mahasiswa baru Unpatti ikut Seleksi Masuk Universitas Pattimura lewat Jalur Mandiri. Demikian antara lain penegasan Wakil  Rektor Bidang Akademik Dr. Ir. M Riadh Uluputty, MP, kepada wartawan di ruang kerjanya Senin (25/7). Menurutnya pelaksanaan tes tersebut terbagi menjadi 3 sesi yang mana pelaksanaan pertama untuk TKD Saintek dengan peserta Saintek dan Campuran untuk sesi ke dua untuk PPA peserta  Saintek,  Soshum dan campuran sedangkan sesi ke tiga jenis TKD Soshum dengan peserta Soshum dan campuran.

Pelaksanaan tes ini akan diawasi oleh pengawas sebanyak 215 orang sementara ruangan yang nantinya akan dipergunakan sebanyak 106 dengan maksimal 1 ruangan ditempati oleh 20 orang. Menurutnya Kuota yang dibutuhkan dari jalur Mandiri ini menurut Uluuputy yang masih dibutuhkan adalah kurang lebih 2500 sampai 3000 calon mahasiswa baru. Ia menambahkan kalau pada jalur tes mandiri yang dilaksanakan di Unpatti ada dua tahapan  yaitu ada ujian tulis dan juga wawancara, dan untuk wawancara tersebut diberikan kepada Fakultas masing-masing.

Selain itu menurutnya ada juga ujian keterampilan khusus bagi program studi Penjaskestrek, hal ini sangat penting bagi calon mahasiswa untuk mengetahui apakah jasmani dapat diikuti. Pelaksanaan tes lewat jalur mandiri berbeda dari tahun-tahun sebelumnya di mana dalam proses pendaftaran dimulai dengan cara Online, karena hampir sebagian besar perguruan tinggi negeri  di Indonesia sudah menggunakan sistim Online yang sama dengan Jalur SMPTN dan SBNPTN.

Hal ini dilakukan menurutnya untuk menuju pada mutu institusi dengan demikian institusi ini sudah harus maju selangkah di dalam membangun sistim IT, dan bukan hanya pendaftaran mandiri tetapi juga pendaftaran Wisuda dan ujian sarjana sudah harus pergunakan sistim Online. Menurutnya kalau ini akan sangat berpengaruh dengan pelaksanaan Akreditasi yang saat ini sementara berproses untuk dari Akreditasi B ke A. Ia menambahkan kalau pelaksanaan Tes Mandiri tersebut Unpatti lakukan kerja sama dengan Universitas Indonesia, karena UI ditugaskan oleh panitia nasional SNPTN untuk membuat soal-soal tersebut Kepada Wartawan Uluputty menjelaskan kalau pelaksanaan tes Mandiri ini sangat ketat pelaksanaannya  yang mana soalnya sesuai dengan standart nasional.

Dirinya berharap kalau pelaksanaan tes masuk jalur mandiri dapat berjalan dengan baik karena ini akan menjadi bahan evaluasi kedepan bahwa dengan sistim Online ini sudah bisa dikembangkan lebih jauh. Selain itu diharapkan input  yang didapatkan untuk universitas itu baik dan kalau seluruh input itu baik maka seluruh proses akademik berlangsung juga baik dan mutu lulusan dan Outcam  juga baik akan berpengaruh terhadap  institusi. Sementara itu kepada Wartawan di tempat terpisah Rido Matheis Staf Pengelola Sistim dan Jaringan IT Unpatti menjelaskan  kalau tes masuk lewat jalur Mandiri baru pertama kali dilaksanakan menggunakan lembaran Jawaban komputer.


Menurutnya sesuai arahan Rektor Unpatti pelaksanaan tes dimulai sesuai standar yang dilaksanakan oleh nasional dengan menggunakan sistim Online, dan proses penilaian menggunakan alat scaning  sehingga nilai tidak bisa di intervensi  karena dari hasil Scan nilai masuk ke sistim. Ia menambahkan kalau terkait dengan kunci jawaban, menurutnya karena soal dikerjakan Universitas Indonesia maka kunci jawaban akan didapatkan nantinya setelah selesai pelaksanaan tes. Matheis juga menambahkan kalau yang berminat masuk Unpatti lewat Jalur mandiri melalui pendaftaran Online ini dari hasil pendataan sebanyak 9 ribu lebih, namun yang sudah membayar dan sampai tahap pencetakan tanda pengenal sebanyak 4.406 orang. (CM)