ACC Ambon Gelar Buka Bersama Sambil Bertanding Catur

Ambon, cahayamaluku.com

Pembina Ambon Chess Club (ACC) Melkiyas Frans mengatakan, manfaat dari kegiatan buka bersama para pecatur kota Ambon yang terhimpun dalam Amboina Chess Club (ACC) pada Sabtu, 2/7 pertama tama adalah untuk menjalin tali silaturahmi di antara para insan pecatur di kota Ambon terkhusus uang terhimpun dalam ACC. Demikian antara lain penegasan Frans kepada wartawan seusai berbuka puasa bersama dengan insan Pecatur ACC Ambon, 2/7 2016 di Ambon.

Dikatakan, sebagai masyarakat Indonesia yang berbudaya Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika dan lebih dari itu sebagai masyarakat Maluku yang penuh dengan kekeluargaan  dirinya dan temana-teman ACC menggagas untuk mengacarakan sebuah kegiatan di dalam bulan Ramadhan dengan buka bersama sekaligus juga ada efek ketangkasan bermain catur. Menurutnya gagasan itu kemudian didukung oleh seluruh pengurus ACC dan anggota sehingga terlaksananaya efek uji ketangkasan bermain catur sambil berbuka bersama para insan catur di kota Amn, secara khusus ACC yang mencakup berbagai komunitas.

Selaku Pembina Catur, Frans mengatakan jika dilihat perkembangan Catur di Maluku saat ini bisa diibaratkan sebagai  hidup enggan mati tak mau, semua ini terjadi karena Kepeguruan Percasi Maluku yang mandek dan tidak berjalan sebagaimana mestinya. Ia berharap  kondisi ini bisa diperbaiki kembali. Sementara itu Ketua ACC, Ambon, Rahman Arief di tempat yang sama mengatakan maksud dari pelaksanaan kegiatan catur dalam konteks berbuka bersama adalah untuk menggiatkan kembali silaturahmi ACC yang sesuai dengan visi dan misi ACC sendiri yakni senantiasa mempererat silaturahmi  disampiung menumbuhkembangkan kembali rasa budaya kasih orang Maluku, yakni potong di kuku rasa di daging yang juga merupakan moto ACC sendiri.

Menurutnya dilaksanakan kegiatan itu pada hari Sabtu kemarin karena disesuaikan dengan adanya kesempatan dari Pembina untuk hadir bersam-sama dengan ACC dalam acara berbuka puasa sambil bermain catur. Dikatakan sambil berbuka bersama kegiatan eksebisi Catur dilakukan atas perangsang yang diberikan oleh pembina ACC berupa tali kasih bagi para pecatur. Kegiatan pertandingan eksebisi catur ACC dibuka oleh pembina ACC dengan ditandai pertandingan secara simultan dimana Pembina bertanding melawan 5 pecatur sekaligus yang hasilnya pembina mengalahkan 2 pecatur dalam waktu bersamaan.(CM-6)