SMP Negeri 5 Kota Ambon Siap Raih Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Maluku

Ambon, cahayamalukuonline.blogspot.com

Setelah berhasil menyandang gelar SMP Adiwiyata tingkat Kota Ambon tahun 2015, SMP Negeri 5 Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon kini tengah berbenah diri untuk kembali meraih prestasi yang sama di tahun 2016 namun bukan di tingkat kota Ambon melainkan di tingkat yang lebih tinggi yakni tingkat Provinsi Maluku, bahkan kalau boleh di tingkat Internasional. Demikian antara lain penegasan Kepala SMP Negeri 5 Ambon, Ny.Y.Lalaar kepada wartawan di ruang kerjanya, kemarin, Rabu, 15/6. Dikatakan, menjelang penilaian Adiwiyata dari tim provinsi Maluku pihaknya sudah bersiap-siap sedini mungkin sehingga berbagai persiapan untuk memenuhi kriteria penilaian itu telah dibenahi dari jauh-jauh hari sebelumnya.

Menurutnya, kalau tahun kemarin penilaian untuk mendapatkan Adiwiyata datangnya dari tingkat kota maka tahun ini penilaiannya datangnya dari tingkat provinsi. Untuk itu pihaknya sedang menyiapkan apa  yang masih kurang terutama apa yang belum memenuhi kriteria penilaian dan yang paling utama adalah menyiapkan kelayakan WC siswa yang harus bersih dan harus beraroma enak, di samping harus memilah sampah-sampah antara sampah organik dan sampah non organik. Selain itu pihaknya juga harus menyiapkan diopori-biopori dan sumur sumur serapan dan apotik-apotik hidup serta dapur-dapur hidup.

Menurutnya sekolah nya dulu pernah memiliki dapur hidup yang ditanami dengan berbagai sayur-sayuran yang sangat subur akan tetapi sayangnya lokasinya saat ini telah dialihkan untuk pembangunan ruang perpustakaan sekolah yang baru akhirnya sayur-sayuran itu telah dipindahkan dan selanjutnya difungsikan poliback-poliback dan sementara diatur di atas bedengan-bedengan yang telah dikelilingi dengan batako batako. Selanjutnya kepada wartawan Lalaar juga menjelaskan hal yang tidak kalah pentingnya bahkan menjadi prioritas utama adalah masalah kebersihan tanpa pengecualian ketersediaan kantin sehat.

Khusus untuk lingkungan yang hijau, Lalaar menyebutkan tidak hanya lingkungannya harus hijau akan tetapi lebih dari itu semestinya terdapat pohon-pohon yang hijau sekaligus rindang. Untuk itu pihanya telah menanam sejumlah tanaman baik yang bersifat ekonomis maupun yang bersifat hiasan serta menjadi tempat berlindung, seperti mangga, rambutan, pohon-pohon ketapang maupun sejumlah pohon rindang lainnya. Dengan berbagai persiapan dan penataan lingkungan sekolahnya saat ini Lalar berharap setelah sekolahnya berhasil masuk juara Adiwiyata tingkat kota Ambon tahun lalu maka tahun ini juga bisa masuk ke tingkat provinsi bahkan kalau dapat bisa menembus sampai tingkat Nasional dan Internasional.

Kepada wartawan, Lalar mengatakan untuk mencapai tujuannya ini, dukungan dari berbagai pihak sangatlah nyata bahkan yang luar biasa adalah dukungan dari orang tua siswa yang ada di sekolahnya, terutama dalam memberikan dukungan kepada anak yang diberi tugas dari sekolah bahkan sejumlah orangtua siswa tak segan-0segan turun tangan membantu langsung kegiatan fisik di sekolah itu yang dibutuhkan untuk melengkapi kriteria penilaian Adiwiyata tahun 2016 ini.(CN-01)