Pemadaman Listrik Yang Terjadi Akibat Gangguan pada Jaringan

AMBON, cahayamaluku.blogspot.com

Pemadaman Listrik yang terjadi beberapa hari ini dikarenakan terjadinya gangguan jaringan, sementara untuk daya Listrik PLN masih bisa teratasi sampai dengan selesai Lebaran dan untuk saat ini mesin PLN masih aman untuk mensuplai arus listrik untuk Kota Ambon dan Sekitarnya Demikian antara lain penjelasan Humas PLN Wilayah Maluku dan Maluku Utara Hairul Hatalla kepada wartawan di ruang kerjanya Selasa (21/6).

Menurutnya pemadaman yang terjadi beberapa waktu kemarin itu bukanlah akibat kerusakan mesin Listrik dari PLN langsung, tetapi dari hasil Monitoring yang dilakukan pemadaman tersebut akibat adanya gangguan jaringan . Untuk itu pemadaman yang dilakukan oleh pihak PLN untuk perbaikan jaringan , yang dikarenakan akibat gangguan OCR yang mana Isalator Tumpu pecah pada malam hari, sehingga untuk perbaikan tidaklah dapat dilakukan pada malam hari mengakibatkan pada malam itu listrik pada pada beberapa kawasan di kota Ambon.

Ia menambahkan kalau terjadi Trip over korem 2199 ampere dengan fase gangguan adalah fase F yang berarti satu fase sementara terganggu pada sekitar jaringan jaringan tersebut. Saat ini sementara dicari pada jaringan mana yang masih mendapat  gangguan sehingga  jalur Karpan, Belakang Soya , Ponogoro Dalam, Mangga Dua, Kuda mati dan Gunung nona padam. Sementara terkait dengan pemadaman yang terjadi di Wayame satu menurutnya akibat adanya ledakan optik pada wayame satu yang mengakibatkan   Poka, Rumah tiga, Taeno, Kampung keranjang, Wayame, hatiwe besar, Air Manis, dan Laha menjadi  padam. Gangguan-gangguan yang terjadi saat ini bukanlah karena kerusakan mesin listrik milik PLN, tetapi akibat gangguan pada jaringan, bukan seperti pada waktu dulu  yang mana pada saat itu daya yang dimiliki PLN tidak mampu melayani seluruh wilayah sehingga terjadi pemadaman bergiliran.(CN-01).